Pembangunan SPAM dan Pamsimas di Ngawi Capai 98 Persen, Dukung Penanganan Stunting dan Kurangi Kemiskinan - Jurnal Faktual News

Pembangunan SPAM dan Pamsimas di Ngawi Capai 98 Persen, Dukung Penanganan Stunting dan Kurangi Kemiskinan

Share This

 







JURNALFAKTUALNEWS.COM | Ngawi, 18 Desember 2023 - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Ngawi terus berupaya meningkatkan akses air minum bagi masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mendukung penanganan stunting dan mengurangi kantong kemiskinan ekstrem di wilayah setempat.


Pada tahun 2023, Dinas Perkim Ngawi telah melaksanakan intervensi terhadap kebutuhan air minum melalui program penyediaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Pamsimas. Intervensi ini dikategorikan menjadi tiga kegiatan, yaitu:


    - Pembangunan baru sistem dan penyediaan jaringan sambungan rumah di delapan lokasi, dengan total anggaran Rp4,2 miliar.

    - Peningkatan kapasitas sistem beserta penerangan jaringan di 10 lokasi, dengan total anggaran Rp3,5 miliar.

     - Perluasan jaringan sambungan rumah di 14 titik distribusi, dengan total anggaran Rp1,4 miliar.

Hingga saat ini, pembangunan dan perluasan SPAM dan Pamsimas di Ngawi telah mencapai 98%. Hal ini disampaikan oleh Pipit Dwi Herlina, Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perkim Ngawi.


"Pembangunan peningkatan dan perluasan terhadap penyediaan air minum dengan peningkatan kualitas airnya dengan penggunaan teknologi water treatmen diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dasar terutama air minum sehingga mampu mengurangi penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Ngawi," kata Pipit Dwi Herlina


Diharapkan, pembangunan SPAM dan Pamsimas di Ngawi dapat meningkatkan akses air minum bagi masyarakat, terutama di wilayah yang belum terlayani air minum. Hal ini dapat mendukung penanganan stunting dan mengurangi kantong kemiskinan ekstrem di wilayah setempat.(YN)

Tidak ada komentar:

Pages