Sosialisasi Sinergitas Perencanaan Pembangunan Desa Banjaransari - Jurnal Faktual News

Sosialisasi Sinergitas Perencanaan Pembangunan Desa Banjaransari

Share This

 





JURNALFAKTUALNEWS.COM | Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Kecamatan Padas mengadakan sosialisasi di Desa Banjaransari, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, pada Jum'at (25/3) bertempat di Pendopo Desa Banjaransari. Sosialisasi ini menjadi bagian dari agenda tahunan Kecamatan padas, guna memberikan pemahaman terkait sistem perencanaan pembangunan pada masyarakat.


Hadir pada kesempatan ini Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ngawi Sarjono, S.Pd didampingi Camat Padas Dodi Aprilasetia, S.Hut, M.Si serta Kepala Desa Banjaransari Agus Widodo. Acara  juga dihadiri seluruh Perangkat Desa Banjaransari, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Banjaransari, Babinsa, Babinkantibmas serta perwakilan dari masyarakat. 


Pada sambutannya, Kepala Desa Banjaransari menekankan pentingnya sinergitas dalam perencanaan pembangunan. Hal itu dilakukan guna terjadinya konektivitas arah pembangunan di segala sektor mulai dari tingkat desa, kecamatan, daerah hingga tingkat pusat.


"Sinergitas dalam perencanaan pembangunan  merupakan hal wajib dalam sistem pemerintahan. Sehubungan dengan hal itu kita selalu berkoordinasi dengan kecamatan maupun daerah sebelum menetapkan program dari usulan-usulan melalui Musdes," terang Agus Widodo Kepala Desa Banjaransari.


Pada sesi berikutnya Camat Padas menyampaikan pentingnya koordinasi yang menjadi kunci keberhasilan dalam menetapkan arah perencanaan pembangunan adalah dengan memanfaatkan peran strategis antarlini pemerintahan.


"Keberhasilan dalam menjalankan pemerintahan desa tidak lepas dari peran strategis DPRD, sebaliknya keberhasilan DPRD dalam melaksanakan fungsi DPRD tidak lepas dari peran pemerintah desa. Jadi antar lini pemerintah hingga lembaga pengontrol pemerintah harus bersinergi yang intinya saling melengkapi," terang Dodi Aprilasetia, S.Hut, M.Si.


Sementara itu, Sarjono, S.Pd dari Partai Golkar mewakili tim DPRD Kabupaten Ngawi mengatakan bahwa pelayanan kepada masyarakat menjadi bagian dari tugas pemerintah. Maka sudah selayaknya pemerintah memberikan yang terbaik untuk masyarakat sekaligus terus meningkatkan kemampuan tata kelola pemerintahan.


"Dalam menjalankan tugas sebagai bagian dari pemerintahan maka kita harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, terus belajar dalam tata kelola pemerintahan yang baik, semangat untuk berbagi dan memberi terhadap sesama," terang Sarjono, S.Pd.


Selain itu, Sarjono juga menyampaikan bila dalam sistem perencanaan pembangunan harus berani menciptakan inovasi dalam mewujudkan pemerintahan desa yang maju dan mandiri. Namun ia mewanti-wanti agar inovasi-inovasi yang direncanakan benar-benar melalui kajian matang.


"Dalam sistem perencanaan pembangunan desa harus berani berinovasi untuk kemajuan desa. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah, sistem perencanaannya harus benar-benar matang agar program-program yang sudah dialokasikan anggaran tidak sia-sia," lanjut Sarjono.


Selanjutnya, acara yang dimulai pukul 13.00 tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada kesempatan kali ini perwakilan dari masyarakat maupun undangan lain banyak menanyakan perihal sistem pencernaan, utamanya terkait dengan penjaringan usulan-usulan dari masyarakat. (Yn)

Tidak ada komentar:

Pages