DESA HARGOSARI KECAMATAN SINE BISA MENJADI PERCONTOHAN KAMPUNG PANCASILA - Jurnal Faktual News

DESA HARGOSARI KECAMATAN SINE BISA MENJADI PERCONTOHAN KAMPUNG PANCASILA

Share This







JURNALFAKTUALNEWS.COM | Ngawi Senin 28 Maret 2022 Kampung Pancasila bertempat di desa Hargosari, kecamatan Sine diprakasai oleh Koramil 0805/10 kapten Wardoyo dalam meningkatkan rasa kebangsaan dalam masyarakat,serta anak-anak muda dan anak sekolah sejak dini. Sambang desa dikuti oleh jajaran Forkompincam, Danramil kapten Wardoyo, Wakapolsek Suhardiyanto, Camat Fuad serta dari staf Perangkat Desa Hargosari.



Kampung Pancasila di Desa Hargosari kecamatan sine dari gerbang masuk desa sudah dihias dengan urnamen-urnamen kebangsaan seperti bendera merah putih, lukisan tokoh-tokoh Proklamator, lambang burung Garuda, Pancasila dari sila pertama sampai sila ke lima dan banyak lagi urnamen-urnamen lainya disepanjang jalan desa serta sekolah. Beberapa siswa SDN Hargosari 1 Duku gondorejo, Desa Hargosari kec sine saat diminta mengucapkan Pancasila oleh Kapten Wardoyo dengan cepat dan mudahnya anak-Anak menghafalnya.




"Kampung Pancasila tujuan dan maksudnya adalah untuk menyegarkan kembali kepada masyarakat, mengerti tentang makna dari pada Pancasila. Kemudian isi dari pada pancasila sendiri dan butir-butir Pancasila, sehingga bisa diterapkan kepada kehidupan sehari-hari di masyarakat intinya disana. Karena apa Pancasila ini makin kesini dari generasi penerus ini banyak yang tidak tau apa-apa lagi sampai ia mengamalkan dari isi Pancasila sehingga kita punya kewajiban untuk memberikan penyegaran kembali kepada masyarakat. Kita harus memberikan warna dan corak lain kegiatan dari pada pemerintah Desa, kemudian dengan pemerintah instansi terkait ini kerja bareng-bareng sinergitas kita bangun kembali. Bekerja dengan masyarakat untuk membangun desa, Kemudian untuk bisa mengisi dari pada kemerdekaan ini khususnya tentang Pancasila ini biar membudaya ditingkat Desa sampai ke masyarakat yang di desa-desa, petani dan buruh. Bagi masyarakat dari pemuda generasi penerus maupun dari yang tua lansia kegiatannya dan bentuk kegiatannya mulai dari pengajian, kemudian mengumpulkan masyarakat untuk menerima apa itu penyuluhan wawasan kebangsaan. Kemudian penyuluhan ini termasuk membenahi masjid yang kurang bagus untuk dilakukan pengecetan." Tutur Kapten Wardoyo.



Setiap malam Minggu ada efen pertanding bola voly, warga bisa untuk buka stand berjualan. UMKM desa Hargosari seperti pembuatan pot bonsai ,kripik ,minuman herbal exstrak dengan produk lokal. Banyak lagi kegiatan- kegiatan dilakukan desa untuk mencerminkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Antusias warga pun sangat tinggi dalam mendukung program dari Forcompimcam.



Dilokasi yang sama Camat Sine Fuad Fahmi menyampaikan."kami dari Forkopimcam Kecamatan sine mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada warga masyarakat di desa Hargosari Kecamatan sine. Kemarin sudah kita launching kaitannya dengan Kampung Pancasila di desa Hargosari, kami menyadari bahwa dengan adanya launching kampung Pancasila ini kami berharap untuk seluruh lapisan Masyarakat khususnya dapat mengenal nilai-nilai Pancasila yang kita harapkan. kemudian juga beberapa kegiatan yang telah kita laksanakan di desa hargosari ini antara lain, kita sudah sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat kaitannya dengan ideologi nasional ideologi satu untuk seluruh Indonesia adalah ideologi Pancasila tidak ada ideologi lain selain Pancasila."(SH)

Tidak ada komentar:

Pages