Desa Bintoyo Tingkatkan Produksi Padi Organik - Jurnal Faktual News

Desa Bintoyo Tingkatkan Produksi Padi Organik

Share This

 







JURNALFAKTUALNEWS.COM| Pemerintah Desa Bintoyo, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, terus mengupayakan peningkatan produksi padi organik. Upaya tersebut dilakukan dengan cara memperluas areal tanaman padi organik yang tersebar di sebagian besar wilayahnya. Tidak itu saja, pemerintah Desa Bintoyo juga terus melakukan sosialisasi pentingnya padi organik untuk kesehatan maupun pengembalian tanah ke bentuk alami dengan penggunaan pupuk organik.


"Kita terus berupaya melakukan sosialisasi, juga pendampingan terhadap petani terkait dengan budidaya padi organik. Selain penting tersedianya kebutuhan pangan pokok sehat, penggunaan pupuk organik juga akan menjaga kesuburan lahan pertanian," terang Samad. Kepala Desa Bintoyo.


"Kita juga terus mengupayakan persentase penggunaan pupuk organik diperbanyak, agar kedepannya kesuburan tanah tidak terus terkontaminasi pupuk kimia yang tentunya berefek pada hasil padi maupun ke lahan pertanian," lanjut Samad.


Upaya pemerintah Desa Bintoyo dalam program padi organik mendapat apresiasi dari pemerintah Kabupaten Ngawi. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk kunjungan Bupati Ngawi melalui kegiatan panen padi organik di Sawah Blok Etan Wangan Desa Bintoyo pada Kamis (10/3).


Hadir dalam kegiatan panen padi organik tersebut Bupati Ngawi didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi, Danramil Padas, Kapolsek Padas, Camat Padas serta Kepala Desa Bintoyo.


Bupati Ngawi pada sambutannya menyampaikan pentingnya padi organik untuk ketahanan pangan. Selain memberikan asupan makanan pokok sehat, pengelolaan padi organik juga mampu mengembalikan kondisi tanah ke normal setelah sekian lama terkontaminasi dengan pupuk kimia.


"Program padi organik merupakan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan sesuai dengan visi dan misi kami. Selain memberikan asupan makanan pokok sehat, kondisi tanah harus dikembalikan ke kondisi bebas dari zat-zat kimia dengan menggunakan pupuk organik," terang Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi.


Sementara itu, Kecamatan Padas sebagai leading sector pemerintah sekaligus pembina desa berkomitmen untuk terus mengembangkan padi organik di wilayahnya. Selain mampu memberikan asupan makanan sehat, pertanian organik juga berpotensi besar dalam meningkatkan hasil secara ekonomi.


"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi padi organik utamanya di desa-desa yang masuk wilayah Kecamatan Padas. Selain untuk menjamin ketersediaan makanan pokok sehat, penanaman padi organik juga berpotensi besar meningkatkan pendapatan secara ekonomi," terang Camat Padas Dodi Aprilasetia.(Yn)

Tidak ada komentar:

Pages