Wujudkan Ketahanan Pangan, Armed 12 Kostrad Sulap Lahan Nganggur Menjadi Kebun Alpukat - Jurnal Faktual News

Wujudkan Ketahanan Pangan, Armed 12 Kostrad Sulap Lahan Nganggur Menjadi Kebun Alpukat

Share This

 




JURNALFAKTUALNEWS.COM | Armed 12 Komando Strategis Angkatan Darat Kostrad Ngawi, menyulap lahan terbengkalai menjadi ladang kebun alpukat untuk mewujudkan ketahanan pangan pasukan, Jumat (28/7/2023). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT Yon Armed 12 Ngawi.


Pasukan Batalyon Artileri Medan atau Yon Armed 12, Komando Strategis Angkatan Darat atau Kostrad ini, tentunya memiliki peran penting dalam membantu satuan lain dalam menjaga kedaulatan NKRI. Seperti diketahui, pasukan yang bermarkas di Kabupaten Ngawi ini, memiliki 18 meriam cesar 155 Mm/Gs yang merupakan alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang berasal dari Prancis. Selain itu, persenjataan ini juga memiliki teknologi modern dengan sistem komputerisasi yang saat ini digunakan untuk mendukung tugas pokok satuan.

 

Selain menjadi pasukan garda terdepan untuk menjaga NKRI, pasukan di bawah Komandan Mayor Armed Tulus Widodo, ini juga ikut andil dalam menjalankan program pemerintah terkait revolusi mental, salah satunya dengan mempertahankan ketahanan pangan.


Hal itu ditunjukkan dalam aksi nyata Yon Armed 12 dengan cara merubah pekarangan terbengkalai di area markas Yon Armed 12 Kostrad. Untuk menanam 300 pohon alpukat berbagai jenis, pasukan berseragam loreng ini harus menyulap lahan yang tidak terpakai seluas 5000 meter persegi menjadi lahan yang produktif untuk ditanami pohon alpukat.


 

Dengan jumlah tanaman alpukat tersebut, masing – masing anggota Yon Armed 12 Kostrad, memiliki pohon asuh satu pohon untuk dirawatnya. Dihadapan awak media, Komandan Yon Armed 12 Kostrad, Mayor Armed Tulus Widodo menjelaskan, selain untuk menjaga ketahanan pangan, penanaman pohon ini diharapkan menajadi lahan hijau di area markas Yon Armed 12 Kostrad.


"Ini kita laksanakan untuk mendukung program pemeritah dan sebagai upaya satuan untuk penghijauan," kata Mayor Armed Tulus Widodo.



Upaya kreatif dari Satuan Yon Armed 12 Ngawi ini mendapat apresiasi dari tokoh peerhati lingkungan di Ngawi yaitu Hariyanto. Pria yang biasa disebut Hariyanto Kembang itu mentakan, kondisi tanah yang ada di area Markas Yon Armed 12 ini sangat cocok ditanami alpukat.


"Ketika kami survey, tanahnya cukup tebal, kedalamannya 2 Meter belum ketemu dengan batu cadas," ujar Harianto.


lebih lanjut Harianto mengungkapkan, dengan sistim pohon asuh para pasukan mendapat tanggung jawab moral untuk merawat tanaman. Selain itu, penanaman pohon alpukat di area ini tidak sembarang ditanam, tetapi juga emperhatikan teknik penanaman secara tepat.


" sistim drainase atau sanitasinya juga sudah diperhatikan," lanjutnya.


Kebun alpukat baru milik Yon Armed 12 Kostrad yang di prakarsai oleh Mayor Armed Tulus Widodo ini diharapkan mampu terus dipelihara dan berkembang. Yang nantinya dapat mempertahankan ketahanan pangan untuk pasukan serta dapat menjadi percontohan untuk masyrakat banyak.(red)

Tidak ada komentar:

Pages