PEMKAB NGAWI MELALUI DINSOS MENGALOKASIKAN WARGA NGAWI YANG BEKERJA DI PABRIK ROKOK JAWA TENGAH - Jurnal Faktual News

PEMKAB NGAWI MELALUI DINSOS MENGALOKASIKAN WARGA NGAWI YANG BEKERJA DI PABRIK ROKOK JAWA TENGAH

Share This





JURNALFAKTUALNEWS.COM | Ngawi, 19 Juni 2023 - Pemerintah Kabupaten Ngawi, melalui Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, telah mengambil langkah penting untuk memberikan bantuan kepada warga yang bekerja di pabrik rokok Jawa Tengah. Hal ini dilakukan sebagai kelanjutan dari tahun 2022, di mana Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT-DBHCHT) Tahun 2023 tidak diakomodir oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.


Sebagai respons atas hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Ngawi merespons dengan cepat dan mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Tahun Anggaran 2023. Bantuan ini ditujukan kepada buruh tani tembakau, buruh pabrik rokok, dan masyarakat dalam kemiskinan ekstrem yang berdomisili dan/atau memiliki identitas kependudukan di Kabupaten Ngawi.


Dalam peraturan tersebut, penyaluran bantuan dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Agustus dan November 2023, dengan alokasi sebesar 8 bulan x Rp. 300.000 atau total sejumlah Rp. 2.400.000,- yang akan dibayarkan dua kali. Hal ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi warga Ngawi yang bekerja di pabrik rokok Jawa Tengah.



Sebelumnya, hasil dari koordinasi dengan pabrik rokok, terdapat 73 orang penerima bantuan yang bekerja di PT. Hamsina Jaya Kartosuro dan PT. Aroma Sukowati Sragen pada tahun 2022. Namun, saat ini terungkap bahwa 21 orang di antaranya telah menerima BLT-DBHCHT dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.


Pemerintah Kabupaten Ngawi berkomitmen untuk menjalankan program ini dengan transparansi dan keadilan, serta memastikan bahwa bantuan tersebut benar-benar sampai kepada mereka yang membutuhkannya. Dalam hal ini, Dinas Sosial Kabupaten Ngawi akan melakukan koordinasi dan verifikasi yang ketat untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran.


Pemerintah Kabupaten Ngawi berharap bahwa bantuan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat yang berjuang dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Dengan adanya BLT-DBHCHT, diharapkan dapat membantu meringankan beban finansial mereka dan memberikan harapan baru dalam menghadapi masa depan yang lebih baik.(yn)

Tidak ada komentar:

Pages