KEPALA DESA NGALE SIGAP DALAM MENANGANI DRAINASE YANG MENGAKIBATKAN BANJIR DAN JALAN RUSAK - Jurnal Faktual News

KEPALA DESA NGALE SIGAP DALAM MENANGANI DRAINASE YANG MENGAKIBATKAN BANJIR DAN JALAN RUSAK

Share This





JURNALFAKTUALNEWS.COM |NGAWI  Jumat 22 April2022.Langkah sigap pemerintah Desa Ngale Kecamatan Paron,Kabupaten Ngawi dalam menuntaskan persoalan drainase kerap dinilai kurang berfungsi baik. Hingga ditenggarai penyebab banjir disepanjang ruas jalan mengakibatkan jalan juga ikut rusak disebabkan tergenang air luapan dari drainase. Hal ini menjadi polemik masyarakat karena jalan tersebut merupakan akses jalan pertanian dan juga akses jalan penghubung antar desa, sering dilalui Masyrakat antar desa.

 

Melalui program Padat Karya Tunai (PKT) Pemerintah Desa (Pemdes) bersama masyarakat gotong royong menggelar kegiatan normalisasi drainase. Giat tersebut sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan lingkungan desa selalu bersih, sehat, rapi, indah dan terbebas dari banjir serta jalan rusak dan berlubang akibat tidak maksimalnya fungsi drainase tersebut.



"Pada program PKT ini, kita fokus melakukan pembenahan dan normalisasi drainase sesuai dengan fungsinya,Kalau saluran Drainase bersih, maka air hujan akan lancar mengalir.Saluran normalisasi saluran irigasi Pemdes Ngale ini dibiayai Dana Desa (DD) 2022" jelas Kepala Desa Yan Teguh Wibowo.


Dirinya juga menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya dalam rangka pencegahan timbulnya banjir dimusim penghujan, yang diakibatkan tersumbatnya drainase dari tumpukan sampah dan lumpur serta tumbuhan liar.



"Kegiatan normalisasi saluran ini kita lakukan dengan cara PKT dengan mengunakan tenaga kerja dari warga setempat. Adanya PKT ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan ekonomi, akibat pandemi Covid-19. Upah kerja yang langsung dibayar diharapkan juga bisa memberi manfaat langsung kepada warga terdampak pandemi Covid-19" Ungkapnya Yan Teguh Wibowo.(yn)

Tidak ada komentar:

Pages