Kampung Pancasila Desa Pacing, Digdo: Tidak Hanya Soal Nilai Pancasila, Tapi Juga Ajaran Agama - Jurnal Faktual News

Kampung Pancasila Desa Pacing, Digdo: Tidak Hanya Soal Nilai Pancasila, Tapi Juga Ajaran Agama

Share This

 




JURNALFAKTUALNEWS.COM |Pemerintah Desa Pacing, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, bersama jajaran Koramil Padas, Polsek Padas dan Kecamatan Padas melaksanakan program Kampung Pancasilan dilaunching 07 Maret 2022. Agenda launching dipusatkan di kantor Desa Pacing dengan dihadiri Camat Padas, Danramil Padas, Kapolsek Padas, Kepala Desa Pacing, Perangkat Desa Pacing berikut masyarakat.


Ditemui usai launching, Kepala Desa Pacing menyampaikan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila. Selain sebagai falsafah dalam menjalankan roda pemerintahan, Pancasila juga sebagai pemersatu kebhinekaan yang ada di Indonesia baik suku, ras maupun agama.


"Kampung Pancasila merupakan program pemerintah dalam upaya menjaga persatuan, kesatuan dan semangat perjuangan dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Dan ini akan terus kita galakkan agar pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila benar-benar melekat pada masyarakat," terang Digdo Budi Santoso Kepala Desa Pacing.


Pada pelaksanaan program Kampung Pancasila, Pemerintah Desa Pacing turun ke lapangan bersama personil Kecamatan Padas, Koramil Padas dan Polsek Padas saat melakukan kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi sosialisasi, bakti sosial maupun pemberian siraman rohani, juga penanggulangan Covid-19.


"Program ini tidak hanya sebatas memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila, tapi juga memberikan edukasi terhadap masyarakat bagaimana menyikapi kondisi saat ini. Jadi Kampung Pancasila ini merupakan terobosan dalam memberikan wawasan terkait nilai-nilai luhur kepada masyarakat melalui pemerintah desa," lanjut Digdo.


Kegiatan-kegiatan yang masuk dalam program kampung Pancasila rencananya dilaksanakan secara rutin dan dijadikan agenda desa. Untuk kegiatan sosial, tim yang tergabung dalam Kampung Pancasila Desa Pacing melakukan donor darah, kerja bakti bersama masyarakat hingga santunan untuk warga miskin.


Pada pelaksanaan kegiatan bidang religi, personil dari Koramil Padas memberikan tausiyah kepada jamaah di masjid maupun musala yang ada di Desa Pacing. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, namun lebih karena nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan cerminan dari ajaran-ajaran agama.


"Tim dari Kampung Pancasila Desa Pacing juga melakukan kegiatan keagamaan melalui tausiyah di mushola maupun masjid. Jangan dikira sosialisasi hanya sebatas sila 1 sampai sila 5 Pancasila. Jadi isi yang terkandung dalam ajaran agama itu juga bentuk dari nilai-nilai Pancasila, baik yang terkandung dalam sila satu hingga kelima," Imbuh Digdo.


Sedangkan untuk kegiatan terkait dengan penanggulangan Covid-19, tim Kampung Pancasila Desa Pacing terus mengawal jalannya vaksinasi, pelaksanaan protokol kesehatan hingga pendataan dampak-dampak lain yang ditimbulkan. 


"Sesuai dengan agenda pemerintah pusat, program Kampung Pancasila juga tidak lepas dari kegiatan penanggulangan Covid-19. Ada kegiatan vaksinasi, pengawalan bantuan langsung tunai yang bersumber dari DD, pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan hingga sosialisasi terhadap kewaspadaan munculnya varian baru Covid-19," pungkas Digdo (Yn)

Tidak ada komentar:

Pages