SATU ABAD MUKTAMAR NU KE 34 UNTUK PERADABAN DUNIA - Jurnal Faktual News

SATU ABAD MUKTAMAR NU KE 34 UNTUK PERADABAN DUNIA

Share This




JURNALFAKTUALNEWS.COM | Ngawi Senin 20 Desember 2021 Pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ngawi (PCNU) yang dihadiri oleh KH. Ulinnuha Rozi, Dr.K. Halil Thahir, M.H.,M.A., Drs.K. Turmudzi berangkat menghadiri Muktamar NU ke 34 di Lampung. 

 


Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) adalah perhelatan tertinggi didalam organisasi Nahdlatul Ulama sebagai agenda besar dan forum permusyawaratan tertinggi di Nahdlatul Ulama (NU). Hingga saat ini pelaksanaan Muktamar NU diselenggarakan setiap lima tahun sekali dan dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia secara bergiliran, diikuti dari PWNU, PCNU se-Indonesia dan PCINU.




Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan bahwa Muktamar Ke-34 NU akan diselenggarakan pada tanggal  22-23 Desember 2021 di Provinsi Lampung, keputusan merupakan salah satu hasil rekomendasi dari Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar NU yang digelar di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu-Minggu 25-26/9/21. dengan prokes yang ketat dan persetujuan Satgas Covid-19.



Segala persiapan untuk terlaksananya Muktamar ke 34 ini untuk pembiayaan diharapkan bersumber dari kemadirian warga Nahdliyin di seluruh penjuru dunia melalui gerakan koin Muktamar dalam suksesnya agenda besar NU tersebut. Dan gerakan ini pun disambut baik oleh warga Nahdliyin.



Mekanisme pemilihan Ketum PBNU nanti dipilih oleh para pemilih suara berdasarkan one man one vote. Dan pemilihan Rais Aam PBNU nantinya akan dipilih melalui metode Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa). Metode Ahwa merupakan mekanisme perwakilan yang diisi oleh ulama-ulama senior yang dipilih oleh pengurus NU seluruh Indonesia untuk memilih Rais Aam PBNU dengan cara musyawarah mufakat.



"Muktamar NU forum musyawarah tertinggi didalam jam'iyyah Nahdlatul Ulama setiap lima tahun sekali.dalam rangka silaturrahim para ulama' dan pengurus NU sedunia yang di dalamnya membahas evaluasi organisasi, agenda agenda program lima tahun ke depan dan lain lain. Termasuk pembaharuan mesin organisasi. PCNU Ngawi adalah salah satu peserta resmi pada forum mulia ini. Berangkat dari Ngawi menuju Lampung sebagai tuan rumah Muktamar ke 34 NU ini untuk terlibat langsung dalam forum tertinggi tersebut, harapan kami atas nama PCNU Ngawi, semoga NU memasuki abad ke dua nanti semakin kokoh menjadi pilar keutuhan dan persatuan NKRI serta pilar perdamaian peradaban dunia. NU Kuat Indonesia bermartabat. Tutur kyai Ulinnuha Rozi" (Han).








Tidak ada komentar:

Pages