Kabupaten Ngawi Masuk Nominasi Kabupaten Sehat Nasional - Jurnal Faktual News

Kabupaten Ngawi Masuk Nominasi Kabupaten Sehat Nasional

Share This

 




JURNALFAKTUALNEWS.COM| Ngawi, Setelah dinyatakan lolos berkas sebagai salah satu Kabupaten yang mengikuti penghargaan kabupaten dan kota sehat. Kabupaten Ngawi kini memasuki tahapan penilaian verifikasi lapangan. verifikasi lapangan kali ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting,di Command Center Setda Ngawi karena Kabupaten Ngawi masih dalam status zona 3.Senin (11/10/2021)


Penilaian tersebut pun dilakukan tim verifikasi dari pemerintah pusat untuk melakukan verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2021.


Hadir langsung dalam kegiatan ini Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Sekretaris Daerah Ngawi Mokh Sodiq Triwidiyanto, Kepala Bappelitbang Indah Kusuma Wardhani, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kab Ngawi, Suprianto bersama leading sektor terkait.




Ony Anwar Harsono verifikasi lapangan ini dilakukan untuk menilai sejauh mana pelaporan yang dilakukan didalam dokumen administrasi itu bisa dibuktikan atau sesuai dengan yang ada di lapangan. 


Ony Anwar Harsono menyebutkan dalam verifikasi ini ada enam (6) tatanan yang menjadi penilaian, yaitu tatanan Kabupaten Sehat  kawasan permukiman sarana dan prasarana umum, kawasan sarana tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat. Keenam tatanan tersebut dikupas secara detail oleh tim verifikator dari Kemenkes dan Kemendagri RI



 “Menjadi penyemangat kita dan insya Allah tahun depan dapat mencukupi terkait standar yang menjadi catatan serta evaluasi,berita baik juga menjadi sebuah prestasi dan capaian yang perlu diapresiasi. Karena dari 130 kabupaten yang mengusulkan, Kabupaten Ngawi lolos berkas administrasi".ujar Ony Anwar Harsono


Diterangkan Ony Anwar terkait catatan dan evaluasi dari verifikator adalah belum adanya sertifikasi administrasi berkas pendukung seperti surat keputusan (SK) Kepala Daerah, dan Peraturan Daerah (Perda), “ Kedepan ini harus menjadi bagian yang harus dipenuhi,Dengan partispasi masyarakat, jauh lebih baik dalam mewujudkan Kabupaten sehat,” lanjutnya.(Adv/yn)

Tidak ada komentar:

Pages