BERSIH DESA MUNGGUT NGURI - NGURI BUDAYA JAWA - Jurnal Faktual News

BERSIH DESA MUNGGUT NGURI - NGURI BUDAYA JAWA

Share This





Jurnalfaktualnews.com | Ngawi,Senin 22 Maret 2021 Warga Dusun Munggut Desa Munggut Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi menggelar ritual adat bersih desa di sendang dusun munggut acara dibuka dengan doa Bersama dan sambutan Kepala Desa,lalu buka tumpeng Senin (22/3/2021).



Ritual adat bersih desa itu dilaksanakan setiap tahun sekali, yakni pada Senin Pahing menurut penanggalan Jawa, sebagai ekspresi rasa syukur warga atas nikmat yang didapatnya.Pemerintah Desa Munggut mengemas acara dengan pertunjukan kesenian tradisional. Pertunjukan kesenian diadakan supaya warga tidak melupakan kesenian asli Jawa.



Kepala Desa Munggut Edi Santoso mengatakan, “Ini supaya warga bisa nguri-nguri budaya Jawa, agar warga tidak lupa pada kesenian asli Jawa yang syarat petuah dan makna untuk kehidupan manusia." Ia juga mengaku dalam masa pandemi ini tidak terlalu banyak kegiatan seperti tahun sebelumnya.



"Masa pandemi ini, tentu banyak kegiatan yang kita Batasi agar tidak mengundang banyak warga yang datang. Hanya beberapa yang diundang," ujarnya. "Untuk gelaran pertunjukan budaya dan hiburan lainnya sengaja dikurangi agar masyarakat dibatasi kontak fisik dengan sesama," imbuhnya.



Pemdes Mungut berharap kegiatan bersih desa bisa terus dilestarikan. Bersih desa merupakan warisan budaya yang wajib dipertahankan. Melalui tradisi ini, toleransi dan kerukunan warga desa bisa terus dipupuk.(adv/desamunggut/yn)

Tidak ada komentar:

Pages