KEREN, 2020 KAMAD MTsN 1 NGANJUK CETAK SISWA BERPRESTASI NASIONAL - Jurnal Faktual News

KEREN, 2020 KAMAD MTsN 1 NGANJUK CETAK SISWA BERPRESTASI NASIONAL

Share This



JFN Nganjuk – Penghujung tahun 2020 menjadi kado terindah bagi MTsN 1 Nganjuk. Beberapa siswa berhasil mengharumkan nama MTsN 1 Nganjuk baik di tingkat lokal, regional, hingga nasional. Melalui beberapa event lomba yang diikuti, siswa MTsN 1 Nganjuk membuahkan hasil yang gemilang. Hal itu senada dengan misi MTsN 1 Nganjuk, terwujudnya generasi yang unggul dan berprestasi baik akademik maupun nonakademik.


Drs. Sugiyono, Kepala MTsN 1 Nganjuk, mengatakan bahwa pandemi covid-19 ini adalah ujian bagi para pembelajar, baik guru maupun siswa. Bagaimana kita harus menyikapi kondisi pembelajaran jarak jauh (PJJ), serta tetap fokus pada misi madrasah. PJJ adalah hikmah. Sejak Juli hingga Desember, siswa MTsN 1 Nganjuk berkat bimbingan para guru telah berhasil menorehkan prestasi. Kita bangga bisa melangkah bersama-sama dalam visi misi yang sama, mewujudkan peserta didik yang unggul dan berprestasi dengan mengedepankan akhlakul karimah.



“Di Tingkat Lokal seperti Lomba HAB Kemenag Nganjuk dan MTQ Pemkab Nganjuk, MTsN 1 Nganjuk dapat juara 1. Di Tingkat Regional seperti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO), MTsN 1 Nganjuk dapat juara 2. Di Tingkat Nasional seperti MYRES 2020, MTsN Nganjuk dapat juara 1,” terang Sugiyono sembari berkaca-kaca penuh bahagia.



Masih menurut Sugiyono, masa pandemi covid-19 meski daring siswa harus tetap rajin belajar, bersabar, dan berdoa agar impiannya terwujud. Selain itu, guru juga harus menjaga semangat mengajar dengan banyak kreasi agar daring tetap menyenangkan. Itu bisa dilakukan dengan pengembangan diri melalui seminar online tentang digitalisasi. Tenaga Kependidikan pun memegang peranan penting dalam keberhasilan siswa. Loyalitas dan integritasnya kepada lembaga menjadikan pelayanan pendidikan di MTsN 1 Nganjuk sangat memuaskan dan prima.


Saat diwawancarai perihal motivasi kepemimpinan, Sugiyono memaparkan lima budaya kerja yang akan dijalankan bersama-sama. Pertama, integritas atau menyelaraskan antara hati, pikiran, perkataan, dan perbuatan yang lebih baik dan benar. Kedua, profesionalitas atau bekerja secara disiplin, kompeten, dan tepat waktu dengan hasil terbaik. Ketiga, inovasi atau menyempurnakan yang sudah ada dan mengkreasi hal baru yang lebih baik. Keempat, tanggung jawab atau bekerja secara tuntas dan konsekuen. Kelima, keteladanan atau menjadi contoh yang baik bagi orang lain. 

 


MTsN 1 Nganjuk Juara 1 MYRES 2020 Tingkat Nasional

Misalnya, Lomba Karya Tulis Ilmiah berbasis riset bagi siswa MTs atau Madrasah Young Researchers Supercamp 2020 (MYRES), yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia, secara online, berdasarkan Keputusan Dirjend Pendidikan Islam Nomor 6781/2020 menetapkan Najmia Risalatul Umami dan Ayda Destria Rizqi dari MTsN 1 Nganjuk sebagai Juara 1 Tingkat Nasional Bidang Keagamaan. 


Penelitian yang berjudul “Pesantren Moderatif: kajian Peran Keumatan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula Dalam Upaya Deradikalisasi Agama di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur” oleh Najmia dan Ayda telah membawa nama harum MTsN 1 Nganjuk di Tingkat Nasional. Najmia dan Ayda, yang juga santri Pondok Pesantren Miftahul Ula, harus bersabar melewati tahapan seleksi, mulai kirim naskah proposal, presentasi proposal virtual, hingga grand final presentasi penelitian virtual via zoom. 




Sejak 20 Agustus 2020 awal mula dibuka pendaftaran, Najmia dan Ayda sudah menyiapkan diri mengikuti lomba. Berdasarkan keunikan Pondok Pesantren Miftahul Ula tentang upaya menetralisasi paham radikal, keduanya mengamati itu sebagai variabel yang urgen diangkat ke permukaan. Sugiyono mengetahui hal itu langsung mendelegasikan salah satu guru MTsN 1 Nganjuk, Arina Haq, untuk membina Najmia dan Ayda. 


“Saya sudah sangat yakin kepada Bu Arina untuk membina Najmia dan Ayda. Pasti menang juara 1 nasional, “ ungkap Sugiyono dengan mantab.


Tepat tanggal 03 Desember 2020, kesabaran itu membuahkan kebahagiaan yang tiada tara. Saat diumumkan, MTsN 1 Nganjuk sukses menyabet Juara 1 Nasional. Bagi Sugiyono, penghujung tahun 2020 adalah kado terindah atas prestasi siswanya.


Data Prestasi Siswa MTsN 1 Nganjuk Juli – Desember 2020

Berdasarkan data yang dihimpun, MTsN 1 Nganjuk berhasil mencetak siswa berprestasi baik di tingkat lokal, regional, hingga nasional. Berikut ini perolehan prestasi siswa MTsN 1 Nganjuk.





Juara KSMO MTsN 1 Nganjuk, Penyelenggara Kemenag Kabupaten Nganjuk

Juara 1 Cabang Tahfidz 5 Juz Putri = Najmia Risalatul Umami

Juara 1 Cabang Bulutangkis Putri = Firda Dwi Aulia

Juara 1 Cabang LKTI = Tim Risti Agustin, Ana Maulidiya, dan Novi Fitriani

Juara 2 Cabang Pidato Bahasa Arab Putra = Abidur Roziq

Juara 2 Cabang Hadrah = Zakya Safa Jazilah Azahra dkk. 

Juara 2 Cabang Paduan Suara = Nourma Yuki dkk. 

Harapan 2 Cabang Bulutangkis Putra = M. Ivan Putra Firdaus

Harapan 2 Cabang Pidato Bahasa Indonesia Putri = Halimatus Sa’diyah

Harapan 3 Cabang Pencak Silat Tunggal Putra = M. Zakaria Chakim

Harapan 3 Cabang Lari 100 m Putra = M. Rafi Alfahreshy

Harapan 3 Cabang Kaligrafi Putri = Lia Nuriyah

Juara MTQ MTsN 1 Nganjuk, Penyelenggara Pemerintah Kabupaten Nganjuk

Juara 2 Cabang Musabaqoh Syarhil Quran Putra = Tim Abidur Roziq, M. Faruq Khasbullah, Adistira Fajar Pratama

Juara 3 Cabang Tilawatil Quran Putri = Najmia Risalatul Umami

Juara 3 Cabang Tahfidz 1 Juz Putri = Najmia Risalatul Umami

Juara KSMO MTsN 1 Nganjuk, Penyelenggara Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

Juara 2 Cabang Bahasa Arab = M. Rafi Nur Firmansyah

Juara 4 Cabang PAI = Sabila Adzkia Putri

Juara 6 Cabang PAI = Suci Sintiya Sari

Juara 10 Cabang PAI = Imas Ayu Kinasih

Juara MYRES 2020 MTsN 1 Nganjuk, Penyelenggara Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia

Juara 1 Nasional Bidang Keagamaan = Tim Najmia Risalatul Umami dan Ayda Destria Rizqi

Madrasah Adiwiyata 2020 MTsN 1 Nganjuk, Penyelenggara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk


Penulis : M.Nuril Syafaul Karim

Tidak ada komentar:

Pages