Dimasa Pandemi Covid-19, Pemkab Ngawi Laksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI Dengan Penerapan Protokol Kesehatan Yang Ketat - Jurnal Faktual News

Dimasa Pandemi Covid-19, Pemkab Ngawi Laksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI Dengan Penerapan Protokol Kesehatan Yang Ketat

Share This

Ngawi, Jurnal Faktual News - Dalam situasi pendemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ngawi melaksanakan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan penerapan prosedur protokol kesehatan yang ketat dan membatasi jumlah peserta upacara. 

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang biasanya diselenggarakan di Alun-alun Merdeka Ngawi, kali ini dilaksanakan di halaman Pendopo Wedya Graha. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Ngawi, Budi Sulistiyono. (17/08/2020). 

Menurut Bupati Ngawi, meskipun pada perayaan HUT kemerdekaan kali ini ada pembatasan jumlah peserta serta harus dilaksanakan dengan tetap mematuhi prosedur protokol kesehatan yang ketat namun kesemuanya tetap berjalan dengan khidmat.


Lebih lanjut, Bupati Ngawi mengatakan euforia perayaan HUT ke-75 RI di Kabupaten Ngawi kali ini tetap terasa, meskipun di tengah kesederhanaan namun tidak mengurangi makna dan semangat mengisi kemerdekaan. Semangat tersebut harus dimiliki oleh generasi penerus yang telah diwarisi kemerdekaan ini oleh para pejuang untuk mengisi dan melanjutkan pembangunan.

"Pada intinya perayaan hari kemerdekaan ini adalah bagaimana kita semua mengenang, mendoakan dan meneruskan perjuangan para pehlawan yang telah kita nikmati hasil perjuangangan mereka sampai hari ini. Maka kita sebagai generasi penerus dari para pejuang dan generasi selanjutnya betul-betul harus menjiwai dan mengambil pembelajaran-pembelajaran yang kita dapatkan dari para leluhur kita, bagaimana keiklasan membangun dan memerdekakan negeri ini. Sehingga ketika kita diwajibkan membangun dan mengisi kemerdekaan ini, maka segala potensi di dalam diri kita dioptimalisasi untuk manfaat bagi seluruh bangsa dan negara," ujar Budi Sulistyono.

Untuk memperingati HUT ke-75 RI tahun 2020 kali ini pemerintah Kabupaten Ngawi sejak tanggal 16 Agustus 2020 telah melaksanakan rangkaian kegiatan seperti, malam tirakatan bertempat di Pendopo Wedya Graha pada pukul 19.15 WIB, renungan suci di Taman Makanm Pahlawan pukul 23.45 WIB.


Dan sejak pukul 07.00 WIB pagi hari ini 17 Agustus 2020 dilaksanakan upacara pengibaran bendera di halaman pendopo Wedya Graha dan ziarah makam di taman makam pahlawan pada pukul 08.15 WIB serta upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di pendopo Wedya Graha secara virtual pada pukul 10.00 WIB.

Seluruh rangkaian peringatan HUT ke-75 RI ditutup dengan upacara penurunan bendera di halaman pendopo Wedya Graha pada pukul 15.30 WIB dan upacara penurunan bendera sang merah putih yang dilaksanakan secara virtual di pendopo Wedya Graha pada pukul 16.30 WIB.

Penulis    : Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Pages