DALANG SISWA, BAKAT ISTIMEWA SISWA MILENIAL - Jurnal Faktual News

DALANG SISWA, BAKAT ISTIMEWA SISWA MILENIAL

Share This

 




JURNALFAKTUALNEWS.COM | Dua orang remaja mengenakan busana beskap rapi melangkah percaya diri memasuki lapangan basket di mana para hadirin telah menempati kursi yang disediakan. Bimo Tri Hari Murti kelas XI-G dan Isnanda Muhammad Basri kelas X-C, keduanya adalah siswa SMAN 1 Ngrambe yang siap menampilkan pagelaran wayang. Banyak mata yang menatap takjub semi terheran, termasuk para guru dan teman sebaya yang tak menyangka kedua siswa tersebut ternyata punya bakat dalang. 


Bertajuk tema “Harmoni Merah Putih: Merah Darahku, Putih Tulangku, Merdeka Kurikulumku”, acara puncak semarak HUT RI ke-78 di SMAN 1 Ngrambe dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023. Turut hadir dalam acara puncak ini yaitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun, Ibu Lena, MPd; Wakil Bupati Ngawi, Bapak Dr. Dwi Riyanto Jatmiko, MH, MSi; serta Camat Ngrambe Bapak Kusnu Heri Purwanto, SE, MM. Diawali dengan prosesi simbolis penyerahan wayang oleh Bapak Wakil Bupati dan Ibu Kacabdin kepada kedua dalang siswa, pagelaran wayang dimulai dan berlangsung dalam durasi sekitar 30 menit. Menempati tempat duduk yang telah disediakan bersama bapak/ ibu guru dan staf karyawan SMA Negeri 1 Ngrambe, para hadirin disuguhi dengan pagelaran wayang yang ditampilkan oleh kedua dalang siswa.


Tampak piawai kedua dalang siswa dalam membawakan lakon wayang, terlihat dari keterampilan motorik keduanya dalam menggerakkan wayang dan juga olah vokal yang sangat pas memerankan setiap lakon dalam cerita. 


Pagelaran wayang dengan lakon “Wahyu Dirgahayu Nuswantara” mendapat respon yang sangat heboh dan semarak dari semua hadirin. Sungguh menghadirkan rasa bangga dan haru menyaksikan anak didik yang begitu luar biasa menampilkan potensi istimewanya. Selepas pagelaran wayang, para tamu undangan pun menyalami kedua dalang siswa sebagai bentuk apresiasi atas talenta yang luar biasa serta dedikasi kedua dalang siswa untuk sekolahnya. 


Dalam kesempatan acara ini, Wakil Bupati Ngawi, Bapak Dwi Riyanto juga berkesempatan menyampaikan orasi kemerdekaan kebangsaan sekaligus membuka acara Pasar Merdeka. Wabup juga memberikan apresiasinya untuk penyelenggaraan acara. “Dari rangkaian kegiatan yang dilakukan, saya kira secara komprehensif memang dipersiapkan untuk membangun karakter anak-anak,” ucapnya.


Penghargaan atas sinergi dan kolaborasi yang terbangun dari SMAN 1 Ngrambe dengan pemerintah daerah juga diberikan Wabup. “Kami melihat kontribusi para pendidik ini tidak sekedar untuk meningkatkan derajat pendidikan saja, tapi juga memiliki kepedulian untuk menyelesaikan berbagai persoalan sosial yang ada, seperti penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim,” imbuhnya.


Selepas prosesi pembukaan, Wabup bersama para tamu undangan lain berkeliling menuju stand bazar untuk melihat aneka jajanan merah putih hasil kreasi siswa. Selain stand dari siswa, hadir juga stand dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Double Track, yang kesemuanya mendapatkan apresiasi dan motivasi dari Wabup untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi. 


Beragam kemeriahan menyatu dalam satu hari di acara puncak HUT RI SANGRA ini merupakan wujud sikap untuk mensyukuri dan memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78. Dengan menampilkan segala pontensi dari sekolah adalah cerminan bentuk pendidikan yang berupaya membentuk generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berkarakter, berbudaya, kreatif, dan inovatif. Satu kalimat yang dapat mewakili segala kemeriahan HUT RI SANGRA: “Dengan Happy Kita Berpretasi!” (red)

Tidak ada komentar:

Pages