Website Inspektorat Kabupaten Ngawi, Dalam Keterbukaan informasi Publik Tinggal Janji - Jurnal Faktual News

Website Inspektorat Kabupaten Ngawi, Dalam Keterbukaan informasi Publik Tinggal Janji

Share This






JURNALFAKTUALNEWS.COM | NGAWI, Pengelolaan website Inspektorat Kabupaten Ngawi sempat dipertanyakan masyarakat. Pertanyaan tersebut berkaitan dengan konsistensi dan isi informasi website yang berbeda dengan judul. Dari hal tersebut, pimpinan Inspektorat Kabupaten Ngawi siap untuk melaksanakan pengelolaan website sesuai dengan regulasi dalam satu minggu. Namun, kini Inspekturat sendiri yang tidak menepati janji untuk mengaktifkan pengelolaan website tersebut. 


Sebelumnya, Senin tanggal 13 Maret 2023 awak media telah mengkonfirmasi bahwa website Inspektorat Kabupaten Ngawi belum menjalankan kewajiban dalam pengelolaan Informasi Publik. Saat itu, Inspektur Kabupaten Ngawi berjanji untuk melengkapi Informasi Publik pada website Inspektorat dalam waktu satu minggu.


Namun, hingga satu minggu setelah konfirmasi, apa yang dijanjikan oleh Inspektur Kabupaten Ngawi belum juga terwujud. Pada 18 Maret 2023, sub-menu transparansi anggaran masih belum diperbarui dan hanya menampilkan tampilan sampul. Selain itu, beberapa informasi publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik juga belum ditampilkan.



Menanggapi hal tersebut, pimpinan inspektorat Kabupaten Ngawi berjanji akan memembenahi webside  memberikan keterbukaan informasi publik " Kita tidak ada respon hanya kita akan benahi, Ya minggu - minggu ini kita akan benahi dan teman - teman juga sambil kerja. Untuk tahun - tahun kemarin webside kita juga seperti ini." terang Yuli Kusprasetyo pimpinan Inspektorat Kabupaten Ngawi.


Hal ini menjadi pertanyaan bagi masyarakat mengenai kelembagaan Inspektorat yang seharusnya menjadi pengawas dalam sistem penyelenggaraan negara. Sebagai pengawas, Inspektorat harusnya menjadi contoh dalam hal keterbukaan informasi publik dan transparansi anggaran. 


Dengan ketidakaktifan website dan ketidaktepatan dalam memenuhi janji, hal tersebut menimbulkan keraguan akan kinerja dan integritas Inspektorat Kabupaten Ngawi. Oleh karena itu, diharapkan pihak Inspektorat segera mengambil tindakan untuk memperbarui website dan memenuhi kewajibannya dalam hal keterbukaan informasi publik.(yn)

Tidak ada komentar:

Pages