Pemerintah Kabupaten Ngawi Optimalkan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Untuk Menstabilkan Harga Pangan Pokok. - Jurnal Faktual News

Pemerintah Kabupaten Ngawi Optimalkan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Untuk Menstabilkan Harga Pangan Pokok.

Share This

 





JURNALFAKTUALNEWS.COM| Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian membina  Toko Tani Indonesia Center (TTIC). Toko ini difungsikan untuk menstabilkan harga pangan di Kabupaten setempat.


Toko Tani Indonesia Center (TTIC) adalah salah satu usaha pemerintah memotong rantai pasok pangan. Dengan rantai pasokan yang makin pendek, diharapkan harga barang juga akan turun. TTIC dibentuk dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis, rantai distribusi pemasaran yang terintegrasi agar lebih efisien, harga konsumen dapat ditransmisikan dengan baik kepada harga petani (produsen), informasi pasar antar wilayah berjalan dengan baik, mencegah terjadinya Patron-Client (pemasukan pangan ke pasar suatu wilayah hanya boleh dipasok oleh pelaku usaha tertentu), dan mencegah penyalahgunaan marketpower oleh pelaku usaha tertentu.


Kegiatan TTIC secara tidak langsung berperan dalam mengatasi anjloknya harga pada masa panen raya dan tingginya harga pada saat paceklik dan menjadi instrumen yang dibuat Pemerintah untuk menahan gejolak harga dalam situasi tertentu, merupakan mekanisme yang berkelanjutan baik pada saat situasi suplai melimpah dan kurang atau sebagai stabilisator, dalam menjaga pasokan pangan pemerintah bersama masyarakat. Diharapkan dengan sistem ini harga pangan menjadi murah dan produsen dapat tetap memperoleh keuntungan yang wajar. 



Untuk Kabupaten Ngawi sendiri Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian membina TTIC kab Ngawi yang beranggotakan Gapoktan/ Poktan se - Kab Ngawi. Lokasi TTIC Kabupaten Ngawi berada di Jl. Basuki Rahmat No. 1 A. Berikut adalah produk beras yang tersedia di TTIC Kabupaten Ngawi :

Beras segar kemasan 5 kg 

Beras pulen hitam kemasan 5 kg

Beras pulen hijau kemasan 5kg 

Beras asli kemasan hijau kemasan 5kg

Beras merah  

Beras mentik wangi 

Beras mentik kemasan 3kg


Dwi Rahayu Puspita Kabid Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi berharap " Dengan Memajukan Toko Tani Indonesia Center Kabupaten Ngawi, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Ngawi ".


". Silakan berbelanja ke TTIC Ngawi, dengan berbelanja di sini kita sudah membantu petani dalam memasarkan berasnya tanpa melalui rantai yang panjang. Sehingga diharapkan petani di Ngawi bisa lebih meningkat kesejahteraannya". Himbaunya.(Yn)

Tidak ada komentar:

Pages