Heboh, Mobil Transformer Untuk Survey Seismik Jadi Perhatian Warga Kota Ramah - Jurnal Faktual News

Heboh, Mobil Transformer Untuk Survey Seismik Jadi Perhatian Warga Kota Ramah

Share This

 





JURNALFAKTUALNEWS.COM | Ngawi, Konvoi kendaraan Vibro Seismik yang melintas di jalan raya Ngawi-Caruban tepatnya di Desa Karangsari, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, menjadi perhatian bagi pengguna jalan raya yang saat itu kebetulan melintas.


Seperti pada Senin (21/2) siang, mobil yang ramai dimedsos disebut sebagai mobil transformer ini berada di depan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Ngawi.


 Kendaraan model khusus, yang terdiri dari 2 kendaraan berukuran besar dan 4 kendaraan berukuran lebih kecil itu terlihat berderet rapi di sisi kiri jalan nasional tersebut.



 Kendaraan yang identik warna putih itu melaju sangat pelan. Bahkan setiap beberapa meter, mereka nampak berhenti. Kemudian alat khusus yang berbentuk lempengan berukuran 2 x 1 meter yang berada di tengah-tengah kendaraan itu diturunkan hingga menempel aspal jalan.


 Dan tidak lama berselang, muncul getaran cukup kuat dan suara keras. Setelah kurang lebih 10 menit, alat tersebut lalu dinaikkan lagi. Kendaraan itu kemudian berjalan beberapa meter kedepan dan melakukan proses serupa.


 Konvoi kendaraan juga menarik perhatian masyarakat sekitar. Bahkan, hampir seluruh pengguna jalan yang saat itu melintas, memperlambat laju kendaraannya untuk melihat langsung kendaraan transformer tersebut.


 Sedangkan menurut salah satu dari tenaga pelaksana penelitian, Joko Susilo, menjelaskan bahwa kendaraan ini untuk survei seismik, guna mengetahui kondisi jalan nasional. Kegiatan dimulai dari wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sampai dengan Kabupaten Banyuwangi. 



“Sehari maksimal hanya bisa mencapai 2,5 kilometer, kegiatan perekaman data seismik ini dilakukan melalui getaran untuk eksplorasi migas tanpa merusak lingkungan. Dan jika ada warga sekitar yang terdampak, maka akan kita ganti semua kerugiannya,"jelasnya.


 Disamping itu, penggunaan teknologi truk Vibro Seismik milik Pertamina EP tersebut juga mampu melakukan perekaman data seismik melalui getaran di area padat penduduk.

 Sedangkan menurut informasi yang diperoleh dari petugas, survei tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran, citra dan foto, lapisan bawah permukaan pada areal bawah lapisan, batuan vulkanik. Survei dimulai dari Jawa Barat hingga wilayah Jawa Timur.(irw)

Tidak ada komentar:

Pages