GRADING TEMBAKAU RAJANGAN - Jurnal Faktual News

GRADING TEMBAKAU RAJANGAN

Share This

 




JURNALFAKTUALNEWS.COM |Kabupaten Ngawi merupakan salah satu daerah penghasil tembakau di Jawa Timur yang potensinya cukup besar. Potensi areal tembakau mencapai 5.000 sd 7.000 Ha, namun realisasi tanam sejak tahun 2017 sd 2020 baru mencapai 2.000 sd 3.000 Ha tergantung keadaan cuaca dan harga tembakau pada tahun-tahun tersebut.


Bahkan pada tahun 2021 realisasi tanam tembakau Kabupaten Ngawi hanya mencapai 500 Ha. Menurunnya realisasi tanam ini terutama disebabkan oleh cuaca iklim basah yang terjadi sepanjang tahun sehingga petani cenderung menanam tanaman lain seperti padi dan palawija.


Grading merupakan penentuan mutu hasil sortasi yang juga didasarkan posisi daun atau letak daun pada batang. Grading adalah istilah yang digunakan pada perdagangan tembakau yang menunjukkan adanya pembagian daun dari bawah ke atas atau disebut pembagian berdasar posisi daun pada batang (stalk position atau regional classification). Secara umum pembagian posisi daun pada batang yang diikuti klasifikasi mutu adalah sortasi dengan memasukkan unsur posisi daun pada batang yang memungkinkan konsumen mendapatkan pembagian mutu sesuai dengan keinginannya. 



Standar mutu dibuat untuk menggambarkan sifat-sifat tembakau rajangan secara visual. Dengan diketahuinya grade dari tembakau rajangan, maka pengguna yaitu industri rokok akan lebih mudah memilih mutu yang diinginkan untuk menghasilkan rokok dengan mutu tertentu. 


Grading pada tembakau rajangan dilakukan dengan pemisahan daun sebelum dirajang berdasarkan posisi daun pada batang harus dilakukan. Pada tembakau rajangan virginia, grading akan sulit dilakukan jika pada saat panen tidak sekaligus dilakukan pemisahaan daun karena daun yang sudah dirajang tidak mungkin dipisah. 


Penilaian mutu tembakau rajangan virginia SC didasarkan pada warna kuning yang rata dan terang, aroma, serta elastisitas (Gambar). Tembakau yang elastis atau supel jika dipegang memberi kesan halus dan lemas serta tidak mudah patah dan remuk.


Grading tembakau diambil sebagai salah satu materi dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis pasca panen tembakau melalui kegiatan Pengawasan (Adv/yn)

Tidak ada komentar:

Pages