Berkah Cukai Rokok, Disnaker Gelar Pelatihan Gratis - Jurnal Faktual News

Berkah Cukai Rokok, Disnaker Gelar Pelatihan Gratis

Share This





JURNALFAKTUALNEWS | Ngawi, Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Ngawi menyelenggarakan Pelatihan berbasis Kompetensi. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jadmiko , Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Ngawi, Yusuf Rosyadi, Kepala Bidang Tenaga Kerja Wiwin Sumarti dan Ketua Asosiasi Petani Tembakau Ngawi (APTI), pada Kamis, 4 Oktober  2021.dihadiri oleh para peserta pelatihan dan  undangan dari OPD terkait.


Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Ngawi, Yusuf Rosyadi dalam laporannya menyampaikan " bahwa pelatihan yang dibiayai  dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).Pelatihan Ketrampilan Bagi Pencari Kerja terdiri dari empat  paket pelatihan, yakni pelatihan jahit tata boga,otomotif dan tata rias dengan keseluruhan peserta sejumlah 80 orang".


Lebih lanjut Yusuf Rosyadi menambahkan " Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali  ketrampilan dan pengetahuan para pencari kerja di Kabupaten Ngawi , sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan produktifitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja dan masyarakat".


Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Ngawi Dalam sambutan pembukaan tersebut, mengharapkan agar peserta pelatihan sebagai pencari kerja juga memiliki soft skill sehingga dapat bersaing di dunia kerja. Pencari kerja harus memiliki berpikiran kritis, kreatif, inovatif dan mampu beradaptasi. Soft skill lain adalah memiliki kemampuan kerja sama, berkolaborasi, manajemen waktu dan memiliki jaringan yang luas.



Dwi Rianto Jadmiko  berharap dengan pelatihan tersebut dapat mendukung perkembangan UMKM masyarakat Kabupaten  Ngawi terutama ditengah pandemi. "Semoga dengan memaksimalkan pelatihan yang bersumber dari dana cukai ini dapat menjadikan bekal masyarakat dalam menumbuhkan geliat UMKM nya meski ditengah pandemi," harapnya. 


 Beliaupun memberikan apresiasi pada Disperinaker dan UKM yang selalu suport terhadap pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat utamanya buruh rokok maupun keluarganya. 


"Apresiasi terhadap Disnaker yang memanfaatkan DBHCHT sesuai peruntukanya sesuai PMK  yaitu mengadakan pelatihan kerja khusus bagi buruh rokok maupun keluarganya," terangnya. 


Wakil Bupati pun berharap dengan pelatihan ini nantinya dapat mengembangkan dan menggali potensi diri yang ada untuk kemajuan usaha yang ditekuninya. 


"Harapan kami, pelatihan ini jangan sampai berhenti begitu saja ketika telah usai. Harus ada niat untuk mengembangkan dan menggali potensi diri untuk kemajuan usahanya," pesanya.(Adv yn)

Tidak ada komentar:

Pages